Cara diet sehat dengan memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh

Posted on

Cara diet sehat –┬áMemiliki tubuh yang ideal menjadi impian setiap orang, namun perlu Anda ingat bahwa memiliki tubuh yang sehat pada dasarnya jauh lebih penting. Hal inilah yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang sehingga hanya mementingkan ukuran tubuh yang ideal tanpa memperhitungkan jumlah nutrisi yang dikonsumsi. Tidak jarang terdengar kabar tentang beberapa orang yang menderita sakit tertentu karena diet yang salah. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menyimak ulasan berikut yang membahas tentang cara diet sehat yang tetap memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh. Dengan mengetahui apa sajakah jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda bisa mendapatkan badan yang ideal sesuai harapan namun tidak harus mengorbankan kesehatan tubuh.

cara diet sehat
Gambar ilustrasi

Cara diet sehat dengan menghitung nutrisi yang tepat

1). Tingkatkan konsumsi protein

Untuk menerapkan cara diet sehat yang pertama adalah dengan meningkatkan konsumsi protein terutama protein hewani. Jika sebelumnya protein diketahui sebagai asupan gizi tambahan yang menunjang karbohidrat, maka khusus bagi Anda yang sedang menjalankan program diet harus meningkatkan konsumsi protein melebihi asupan biasanya. Terdapat dua jenis protein, yaitu protein hewani dan nabati. Untuk protein hewani Anda dapat mengambil dari berbagai daging, seperti contoh, daging ayam tanpa kulit, daging sapi, dan berbagai jenis ikan-ikanan. Jika Anda berencana mengonsumsi daging ayam dan sapi pastikan hindari bagian yang berlemak. Sedangkan untuk protein nabati, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai kacang-kacangan. Pada dasarnya, Anda dapat membuat jadwal konsumsi antara kedua jenis protein tersebut namun untuk hasil yang maksimal perbanyaklah asupan protein hewani.

2). Tingkatkan konsumsi serat

Memperbanyak konsumsi serat juga menjadi salah satu rahasia untuk menjalankan diet yang sehat. Serat tersebut penting untuk dikonsumsi karena dapat membantu melancarkan sistem pembuangan pada pencernaan sehingga tidak ada asupan makanan yang tertimbun. Anda dapat mendapatkan serat tersebut dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Mengonsumsi serat selain penting untuk pencernaan juga baik untuk pemenuhan gizi tubuh secara keseluruhan karena kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya.

Seperti diketahui, sayuran dan buah-buahan tersebut dapat diolah menjadi berbagai sajian. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang maksimal hindarilah pengolahan sayur dengan campuran santan (dari kelapa) dan buah-buahan yang dicampur dengan susu. Kedua campuran tersebut justru berpotensi meningkatkan lemak dan kadar gula yang dapat mengganggu program diet sehat yang Anda jalankan.

3). Konsumsi karbohidrat yang cukup

Karbohidrat adalah sumber energi paling utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, dalam menjalankan cara diet sehat yang tepat Anda tetap harus memenuhi kebutuhan karbohidrat. Dalam setiap menu yang Anda makan paling tidak harus terdapat kurang lebih 60% kandungan karbohidrat dan 40% sisanya adalah asupan lain. Karbohidrat bisa Anda dapatkan dari nasi, kentang, sereal dan jagung. Pilihlah yang sesuai dengan selera Anda dan pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

4). Kurangi konsumsi lemak

Cara diet sehat yang terakhir adalah mengurangi konsumsi lemak. Seperti yang diketahui bahwa lemak adalah penyebab utama terjadinya kegemukan. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi jumlah konsumsinya. Namun, hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak mengonsumsi lemak sama sekali karena konsumsi lemak dengan ukuran yang tepat tetap dibutuhkan oleh tubuh.

[ Baca juga : 7 macam buah-buahan yang cocok untuk diet ]

Bagaimana mudah bukan menerapkan cara diet sehat tersebut? Jadi mulai saat ini Anda tidak hanya mendapatkan tubuh yang ideal tetapi juga tubuh yang sehat. Semoga ulasan pada artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pilihan diet sehat.

Lihat Juga :
Loading...