Cara membuat masker wajah alami

Cara membuat masker wajah – Menjaga kecantikan dan kesehatan kulit terutama di daerah wajah sebenarnya tidak begitu sulit. Memang lebih mudah jika pergi ke salon dan membiarkan tenaga ahli di sana melakukan perawatan untuk wajah kita. Namun butuh uang yang tidak sedikit untuk pergi ke salon kecantikan, bahkan mereka seringkali menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Tentu akan ada efek samping jika sering dilakukan.

Berbeda halnya bila kita melakukan perawatan sendiri di rumah. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah, bahkan mudah untuk dilakukan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat masker wajah. Tentunya kita bisa menggunakan bahan yang alami agar tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat dan memakainya.

cara membuat masker wajah

Gambar ilustrasi

Masker wajah memberikan nutrisi bagi kulit, juga membersihkannya dari kotoran dan debu yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas. Masker wajah juga dapat digunakan untuk mengelupas sel kulit mati dan pemijatan ringan di area wajah. Meski biasanya perawatan dilakukan sesuai dengan jenis kulit, bahan alami dapat cocok pada semua jenis kulit sehingga cukup aman digunakan.

Cara Membuat Masker Wajah

Membuat masker wajah sendiri tentu lebih mudah dan cepat, bahan yang dibutuhkan juga murah dan dapat dengan mudah ditemukan. Berikut ini beberapa cara membuat masker wajah yang bisa dilakukan di rumah.

1. Masker Madu dan Minyak Zaitun

Madu mengandung banyak sekali nutrisi terbaik alami tidak hanya berguna untuk kesehatan namun juga kecantikan. Banyak sekali produk kecantikan yang memasukkan madu sebagai salah satu komposisinya, karena memang khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. Begitu juga dengan minyak zaitun, yang sangat ampuh digunakan dalam merawat kulit. Kedua bahan alami tersebut dapat membuat kulit wajah menjadi cerah, halus dan kenyal, bahkan mengatasi kulit yang kering.

Baca Juga :  Atasi masalah penuaan dini dengan masker labu

[ Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan & kecantikan ]

Cara membuatnya, campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk rata lalu oleskan pada wajah, jika perlu sampai leher agar kulit bagian tersebut juga terawat dengan baik. diamkan selama 15 menit atau kira-kira nutrisi dari masker telah meresap ke kulit. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Masker Pisang

Pisang termasuk salah satu buah yang banyak memberikan manfaat untuk kulit. tidak hanya untuk dimakan, namun juga bisa dijadikan masker sebagai perawatan kulit dari luar. Kandungan nutrisinya dapat membuat kulit lebih halus, cerah dan lembut.

Cara membuatnya, haluskan satu buah pisang. Bisa diblender atau digiling dengan mortal. Jika sudah halus bisa langsung digunakan. Namun jika ingin mendapatkan manfaat lebih, campurkan pisang yang telah halus tadi dengan ¼ cangkir yoghurt tanpa rasa atau pemanis dan satu sendok makan madu. Campuran bahan tersebut dioleskan pada wajah dan leher lalu biarkan hingga 20 menit. Jangan lupa basuh wajah dengan air dingin hingga bersih.

3. Masker Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit atau parutannya sudah digunakan sejak lama dalam produk kecantikan. Senyawa kurkumin pada kunyit bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kulit mengalami tanda-tanda penuaan. Kunyit juga mampu menghambat produksi pigmen melamin yang memicu kulit menjadi lebih gelap.

Cara menggunakannya, sediakan bubuk kunyit kira-kira sejumput, lalu tambahkan dengan air perasan lemon dan bubur oatmeals sebanyak 2 sendok. Aduk semua bahan hingga rata lalu oleskan pada wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga kering atau sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Jangan terlalu lama karena akan membuat warna kuning pada kunyit melekat kuat pada kulit.

Lihat Juga :

[ Baca juga : Manfaat masker pisang untuk kecantikan ]

Baca Juga :  10 Tips cara atasi kulit wajah yang berminyak

4. Masker Beras

Beras telah digunakan sejak zaman dulu sebagai bahan produk kecantikan, untuk dijadikan masker atau bedak dingin. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat membuat kulit lebih putih, cerah dan halus. Butiran beras yang halus juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengelupas sel kulit mati.

Untuk menggunakannya ada dua cara, yaitu yang pertama ambil segenggam beras lalu rendam hingga 2-3 jam. Kemudian tumbuk beras tersebut hingga halus. Atau bisa juga diblender tanpa air sampai menjadi butiran halus. Jadikan beras halus tersebut sebagai masker dengan mencampurkannya dengan air hingga membentuk seperti pasta.

Cara kedua, dengan memanfaatkan air rendaman atau cucian beras. Kita tentu mencuci beras setiap hari sebelum dimasak. Ambil air cucian beras tersebut dan diamkan hingga terdapat endapan. Endapan tersebut diambil secara perlahan lalu dapat langsung dioleskan di wajah. Gunakan setiap hari agar wajah menjadi sehat berseri.

5. Masker Bengkoang

Bengkoang juga sangat bagus untuk membuat kulit menjadi lebih putih dan halus. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kupas satu buah bengkoang lalu parut hingga halus. Peras dan ambil airnya lalu gunakan sebagai masker wajah. Atau bisa langsung memakai ampasnya yang halus untuk diaplikasikan pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan wajah. Lakukan setiap hari agar hasilnya dapat segera terlihat.

6. Masker Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat diserap dengan mudah oleh kulit. Senyawa tersebut ampuh dalam mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Untuk menggunakannya kita bisa langsung mengoleskan yoghurt tanpa pemanis ke wajah dengan rata. Atau bisa juga mencampurkannya dengan bubur oatmeals hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dan tunggu sekitar 20-30 menit lalu bilas wajah dengan air bersih.

Baca Juga :  Efek buruk sinar matahari pada kulit

7. Masker Alpukat

Daging buah alpukat kaya nutrisi yang dibutuhkan kulit. Alpukat mengandung vitamin E dan beberapa mineral yang secara alami melembabkan dan menutrisi kulit. Bahkan dengan masker alpukat kulit kering dan kusam dapat diatasi.

Untuk menggunakannya, ambil bagian dalam buah lalu blender hingga halus. Oleskan pada wajah secara merata. Kita juga bisa menambahkan sedikit madu dan minyak zaitun ke dalam alpukat halus lalu aduk hingga membentuk pasta. Setelah dipakaikan di wajah tunggu hingga 30 menit agar nutrisinya meresap ke dalam kulit.

[ Baca juga : Manfaat alpukat untuk kecantikan ]

8. Masker Pepaya

Buah pepaya sangat bagus efeknya pada kulit. Dengan menggunakan masker pepaya kulit menjadi lebih mulus dan lembut. Buah ini mengandung enzim papain yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah. Enzim tersebut lebih banyak dan efektif pada saat pepaya masih muda.

Cara menggunakannya, ambil sepotong pepaya lalu kupas. Potong pepaya tersebut kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender, jika sudah lembek haluskan tanpa air. Oleskan pada wajah secara merata sambil dipijat halus. Biarkan masker di wajah selama 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Demikian cara membuat masker wajah yang simpel dan alami. Mendapatkan kecantikan wajah tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Cukup dengan bahan yang mudah didapat dan harga yang terjangkau kita bisa membuat berbagai masker untuk berbagai perawatan wajah. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, karena bahan alami tidak memberikan hasil yang instan. Namun jika hasil sudah terlihat maka akan lebih bertahan lama atau permanen. Bahkan tanpa memberikan efek samping yang merugikan. Selamat mencoba.

Kerudung Pashmina, Syria, Hoodie, khimar cantik & modis

Lihat Juga :

Loading...
Cara membuat masker wajah alami | Admin | 4.5
0 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble