Cara memutihkan wajah dengan bahan alami

Cara memutihkan wajah – Setiap orang pasti ingin kulitnya putih dan halus, terutama para wanita. Wajah yang putih dianggap lebih menarik, cantik dan bersih. Banyak yang berlomba-lomba memutihkan kulit bahkan rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit agar keinginannya tercapai. Suntik putih atau memakai cream yang harganya mahal pun dilakukan. Tak sedikit yang pergi ke salon kecantikan atau dokter kulit yang biayanya selangit.

Memang hal tersebut wajar saja mengingat kulit yang putih tidak hanya menunjang penampilan namun juga dibutuhkan dalam sebagian dunia pekerjaan. Misalkan saja dunia artis, modeling dan pemasar produk kecantikan. Namun tidak semua mampu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Bahkan ada resiko besar yang harus ditanggung jika menggunakan produk berbahan kimia.

cara memutihkan wajah

Foto Ilustrasi

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Dengan kekhawatiran adanya efek samping dari produk pemutih yang mengandung bahan kimia berbahaya, tidak ada salahnya jika memakai produk kecantikan dari bahan alami. Bahkan kita bisa membuatnya sendiri di rumah, praktis dan murah. Beberapa bahan juga bisa kita dapatkan di dapur. Berikut ini cara memutihkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis sangat sering kita pakai untuk memasak di dapur, harganya juga sangat terjangkau. Dibalik rasanya yang asam terdapat banyak manfaat bagi kulit. Di antaranya memutihkan kulit, membantu mengecilkan pori-pori, menjadikan kulit bersih dan halus. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya, ambil satu buah jeruk nipis lalu belah. Ambil airnya dengan cara diperas. Oleskan pada wajah sambil dipijat lembut, diamkan selama 15 menit. Bisa juga dengan mengoleskan bagian dalam jeruk nipis yang telah dibelah langsung pada wajah. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan air dingin.

Baca Juga :  Cara menghilangkan jerawat secara alami

[ Baca juga : Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan ]

Untuk menambah manfaat lain seperti mengencangkan kulit, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan putih telur ayam (ayam kampong lebih bagus). Campuran tersebut dioleskan secara merata pada wajah dan diamkan hingga kering. Lalu bilas wajah sampai bersih.

2. Beras Madu

Beras yang merupakan makanan pokok kita ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam memutihkan kulit. vitamin B dan nutrisi lain yang dikandung dalam butiran beras akan menjadikan kulit lebih cerah berseri serta halus dan lembut. Sedangkan madu sendiri sudah terbukti sejak lama sebagai bahan alami yang ampuh membuat kulit menjadi lembut dan cerah. Kombinasi keduanya tentu akan memberikan hasil terbaik dalam perawatan kulit.

Cara membuatnya, siapkan dua genggam beras lalu rendam sekitar 3 jam. Tiriskan beras yang telah direndam tersebut lalu haluskan. Bisa dengan cara ditumbuk atau diblender (tanpa air). Setelah semua halus, jemur sebentar agak beras benar-benar kering dan dapat disimpan untuk beberapa waktu, jadi bisa digunakan untuk di kemudian hari.

Ambil dua sendok makan beras halus tersebut dan letakkan dalam wadah. Campurkan dengan dua sendok makan madu, aduk hingga rata sampai menjadi seperti pasta. Oleskan secara merata pada wajah hingga leher lalu diamkan selama 30 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan cara ini 1-2 kali seminggu.

3. Bengkoang

Bengkoang sangat bagus untuk memutihkan kulit, baik dengan cara di makan langsung atau dijadikan masker. Bengkoang mengandung vitamin B dan E yang sangat dibutuhkan kulit untuk tetap cantik dan sehat. Bahkan banyak produk kecantikan yang dijual di pasar menggunakan bengkoang sebagai bahan dasarnya.

Lihat Juga :

Cara menggunakannya, ambil 2-3 bengkoang ukuran sedang, kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan cara diparut atau diblender. Oleskan bengkoang halus tersebut pada wajah hingga rata. Diamkan selama 20-30 menit. Bisa juga dengan mengambil sari patinya untuk dijadikan masker. Bengkoang halus tadi diperas lalu dibiarkan sampai terbentuk endapan. Ambil endapan sari bengkoang tersebut (warna putih) dan jadikan masker harian. Jangan lupa membersihkan wajah dengan air dingin.

Baca Juga :  5 Manfaat minyak kemiri untuk perawatan wajah

[ Baca juga : Manfaat bengkoang untuk kecantikan ]

4. Pisang

Pisang kaya vitamin A, B dan C yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Selain memutihkan, pisang juga dapat menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Jenis pisang apapun bisa digunakan, tapi lebih baik menggunakan pisang ambon atau pisang barangan. Ada dua cara memanfaatkan pisang untuk memutihkan kulit wajah.

Pertama, kita bisa menggunakan kulit pisang, dengan cara menggosokkan sisi dalam kulit pisang ke wajah sampai kulit menjadi tipis. Cara kedua, ambil daging buah pisang lalu haluskan. Setelah halus, campur dengan madu, aduk hingga menjadi pasta. Jadikan masker dengan mengoleskannya pada wajah, bisa juga jika ingin dipakai sampai leher. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Alpukat

Buah alpukat sangat kaya lemak baik, vitamin dan juga glutamin. Semua kandungan tersebut sangat penting dalam menutrisi kulit. Tidak hanya dipakai langsung pada kulit, dengan memakannya langsung pun kita akan mendapatkan segudang manfaatnya. Dengan memakai alpukat sebagai masker wajah akan menjadi putih cerah.

Cara menggunakannya, ambil daging buah alpukat lalu haluskan. Campurkan dengan sedikit minyak zaitun atau madu, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah sampai rata, diamkan selama 20-30 menit. Minyak zaitun dapat melembabkan kulit dan menghilangkan komedo. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan air hangat.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya memberikan sensasi dingin pada kulit, juga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Lidah buaya dikenal dapat mengusir jerawat bahkan yang membandel sekalipun. Keampuhannya mengatasi peradangan membuat jerawat cepat sembuh.

Cara menggunakannya sangat mudah. Belah lidah buaya dan ambil gel dari bagian dalamnya. Oleskan pada wajah hingga rata dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil terbaik.

Baca Juga :  Cara menghaluskan tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah

[ Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kesehatan & kecantikan ]

7. Pepaya

Sebelum buah pepaya dikenal banyak orang karena khasiatnya, hanya sedikit orang yang mau meliriknya. Namun sejak diketahui bahwa buah tersebut sangat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan, banyak yang mengincarnya. Pepaya mengandung banyak vitamin dan air, sehingga sangat bagus digunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit. enzim papain yang dikandungnya dapat membantu menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit.

Cara meggunakannya, ambil sepotong pepaya matang lalu haluskan. Oleskan pada wajah dan leher hingga rata, diamkan selama 20 menit agar dapat meresap ke dalam kulit. Bilas wajah hingga bersih. Bisa juga pepaya yang telah halus tersebut ditambahkan dengan madu untuk membuat kulit lebih mulus dan cerah. Lama pemakaian juga sama dengan yang tidak ditambahkan madu.

Cara memutihkan wajah dengan bahan alami memang sangat mudah dilakukan, namun butuh kesabaran dan jangan mengharapkan hasil yang cepat. Butuh proses hingga kulit putih bisa kita dapatkan. Namun dengan memakainya secara teratur dan konsisten kita akan segera merasakan manfaatnya.

Demikian cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang dapat disajikan dalam artikel ini. Semoga dapat bermanfaat dan bisa segera diaplikasikan sendiri di rumah. Lakukan secara rutin agar kulit tidak hanya putih tetapi juga mulus dan sehat.

Kerudung Pashmina, Syria, Hoodie, khimar cantik & modis

Lihat Juga :

Loading...
Cara memutihkan wajah dengan bahan alami | Admin | 4.5
0 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble