Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan hasil yang cepat

Cara mengecilkan pori-pori wajah – Kulit memiliki pori-pori yang fungsinya sangat penting dalam proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh. Lubang kecil-kecil di seluruh permukaan kulit ini menjadi jalan keluarnya keringat dan juga minyak yang dihasilkan tubuh. Pori-pori juga bermanfaat sebagai jalan untuk membuang racun dalam tubuh, membuat kulit menjadi bernapas dan melembabkan kulit karena adanya minyak yang dihasilkan dari kelenjar sebasea.

Biasanya lubang pori-pori kulit sangat halus sehingga tidak terlihat jika tidak diperhatikan dengan seksama. Namun pori-pori bisa membesar akibat beberapa hal, seperti adanya sumbatan atau pelebaran dikarenakan adanya tekanan dari luar seperti sering memencet kulit yang berjerawat atau berkomedo. Kondisi tersebut membuat lubang pori-pori menjadi terlihat dengan jelas.

cara mengecilkan pori-pori wajah

Gambar ilustrasi

Pori-pori yang membesar sangat merusak penampilan, karena wajah menjadi seperti berlubang. Selain itu jika memakai make up, riasan pada wajah jadi sulit merata. Tentu saja hal ini menjadi masalah karena kepercayaan diri akan berkurang. terlebih lagi pori-pori yang besar lebih memungkinkan bakteri dan kotoran bersarang sehingga menyumbat dan memicu timbulnya jerawat baru di wajah.

Penyebab Pori-pori Membesar

Pori-pori wajah dapat membesar atau melebar karena berbagai hal. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan pori-pori pada wajah menjadi besar.

1. Faktor Genetik

Meski keseringan pori-pori yang besar diakibatkan faktor dari luar, tidak menutup kemungkinan dapat disebabkan faktor keturunan. Sifat bawaan yang diwarisi dari orang tua membuat kita juga memiliki kondisi pori-pori yang besar.

2. Jerawat

Adanya jerawat membuat kulit menjadi meradang, dan terkadang membuat kita tidak sabar untuk memencetnya. Akibatnya bekas jerawat akan meninggalkan lubang yang besar. Bahkan tanpa dipencet pun jerawat batu akan membuat lubang yang besar pada pori-pori.

3. Make Up

Salah memilih kosmetik dapat merusak pori-pori dan menyebabkannya menjadi lebar. Selain itu, terlalu sering mengganti kosmetik dan memakainya sepanjang waktu menjadi penyebab yang tidak bisa diabaikan. Riasan yang terlalu tebal akan menutup dan menyumbat pori-pori sehingga lubangnya akan membesar.

Baca Juga :  4 Jenis minuman yang baik untuk kesehatan kulit wajah

4. Penuaan

Karena proses bertambahnya umur kondisi sel kulit juga mengalami penurunan sehingga kulit menjadi kendur. Efek lainnya yaitu lubang pori-pori bisa menjadi lebar sehingga makin terlihat jelas seiring berjalannya usia.

5. Hormon Berlebih

Kondisi hormon yang berlebih juga dapat memicu pori-pori semakin besar. Hormon mempengaruhi kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak dan menyebabkan pelebaran pori-pori. Perubahan hormon juga bisa terjadi akibat stres yang berkepanjangan. Jadi hindari tekanan dan stres agar hidup lebih sehat.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan pori-pori membesar, kini kita akan membahas cara untuk mengecilkannya. Cara berikut ini dilakukan secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak akan memberikan efek samping yang membahayakan.

1. Gunakan Es Batu

Es batu memberikan sensasi dingin pada kulit dan merangsang peredaran darah menjadi lancar. Rasa dingin tersebut juga akan membuat pori-pori mengecil. Dengan menempelkan es batu pada wajah secara rutin maka masalah pori-pori besar dapat diatasi. Jika menempelkan langsung terasa tidak nyaman, gunakan kain tipis untuk membalutnya lalu oleskan pada wajah selama 5-10 menit. Lakukan setiap hari di sela waktu senggang.

Lihat Juga :

2. Masker Lemon

Lemon memiliki khasiat luar biasa dalam dunia kecantikan dan kesehatan. Banyak masalah kulit terutama di wajah yang dapat diatasi menggunakan buah mungil dengan rasa asam ini. Lemon bersifat sebagai astringent alami mampu mengencangkan kulit dan pori-pori, sehingga pori-pori dapat mengecil. Selain itu dengan pemakaian rutin dapat mencerahkan kulit dan membuatnya lebih putih.

Baca Juga :  Manfaat teh untuk perawatan wajah alami

Cara memakainya, ambil daging buah lemon lalu blender hingga halus. Atau bisa juga peras lemon dan ambil airnya. Jadikan masker dengan mengoleskannya pada wajah hingga rata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

3. Masker Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami dalam mengobati berbagai penyakit, dan juga banyak manfaatnya untuk kecantikan. Madu bersifat anti bakteri, dengan mengoleskannya pada wajah maka wajah akan menjadi bersih dan lembut. Pori-pori pun akan bersih dan tidak tersumbat oleh kotoran dan bakteri sehingga mencegah munculnya jerawat penyebab terbentuknya lubang di wajah.

4. Jus Mentimun

Mentimun kaya nutrisi yang dibutuhkan kulit, dan mampu menyejukkan kulit. Mentimun juga dapat membersihkan kulit sehingga tidak akan ada kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Cara menggunakannya, haluskan buah mentimun dengan blender dan jadikan masker harian sebelum beraktivitas. Diamkan masker hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

5. Minyak Zaitun dan Gula

Minyak zaitun memberikan nutrisi penting bagi kulit, dapat menghaluskan dan juga mencerahkan. Dengan pemakaian teratur kulit akan menjadi lembut dan pori-pori juga mengecil. Tambahan gula dapat menjadi scrub dan mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tidak lagi kasar.

[ Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan & kecantikan ]

Cara membuatnya, campurkan 2 sdm gula dengan 1 sdm minyak zaitun. Aduk hingga rata lalu oleskan pada wajah sambil dipijat dengan lembut selama 5 menit. Biarkan wajah dengan ramuan tersebut hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini seminggu sekali.

6. Putih Telur

Putih telur dapat mengencangkan kulit, karena mengandung asam amino dan enzim yang dapat meremajakan kulit. dengan begitu pemakaian putih telur secara rutin pori-poridi wajah juga akan mengecil dan menjadi kencang. Cara menggunakannya, ambil putih telur saja lalu oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga mengering sempurna dan wajah menjadi kencang seperti ditarik. Kemudian basuh wajah hingga bersih.

Baca Juga :  Cara memutihkan kulit dengan masker buah mulberry

7. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang satu ini sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu wajah juga menjadi halus dan lembut jika digunakan secara teratur. Ambil 5-6 kacang almond lalu haluskan dengan mortal atau gilingan. Tambahkan jus lemon atau air perasan lemon lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

[ Baca juga : Manfaat minyak almond untuk kecantikan ]

Tindakan Pencegahan

Agar pori-pori kulit tetap terjaga dan mencegahnya agar tidak membesar, kita dapat melakukan tindakan yang sangat mudah dilakukan. Yang terpenting jaga kebersihan wajah dan selalu basuh wajah setelah beraktivitas di luar ruangan. Mencegah penumpukan kotoran pada kulit wajah akan menjaga pori-pori tersumbat yang menyebabkannya melebar.

Perhatikan juga kosmetik yang digunakan, jangan pernah mengganti produk kosmetik dengan yang tidak jelas kandungannya. Jika sudah cocok jangan beralih ke yang lain agar kulit tidak terkontaminasi dengan zat kimia yang berbeda-beda. Jika ada jerawat atau komedo pada wajah, jangan pernah memencetnya karena hanya akan meninggalkan bekas dan lubang pada kulit wajah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya tanpa harus memberikan tekanan pada kulit yang dapat memicu melebarnya pori-pori.

Demikian cara mengecilkan pori-pori wajah yang dapat disampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat dan segera diaplikasikan di rumah. Tidak ada hasil yang instan, jika dilakukan secara rutin dan teratur maka hasil yang didapat akan maksimal dan permanen.

Kerudung Pashmina, Syria, Hoodie, khimar cantik & modis

Lihat Juga :

Loading...
Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan hasil yang cepat | Admin | 4.5
5 Shares
+14
Share
Tweet
Pin
Stumble1