Cara menghilangkan minyak di wajah secara praktis

Penampilan yang menarik tidak terlepas dari tampilan wajah. Wajah yang sehat dan terawat akan memancarkan aura positif hingga membuat orang senang melihatnya. Tentu saja untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat, perlu dihindarkan dari berbagai permasalahan wajah. Masalah pada kulit terutama di area wajah sangat beragam, salah satu yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang adalah kulit berminyak.

Sebenarnya kulit secara normal memproduksi minyak untuk menjaga kelembaban kulit, namun jika produksinya berlebih akan berdampak buruk. Minyak yang berlebih akan membuat kulit kusam, karena debu dan kotoran lainnya akan mudah menempel. Akibatnya bakteri akan bersarang dan menyumbat pori-pori. Hal tersebut akan memicu timbulnya jerawat.

cara menghilangkan minyak di wajah

Foto ilustrasi

Selain wajah yang kusam dan beresiko muncul jerawat, wajah yang berminyak juga memberi kesan tidak enak. Karena biasanya minyak yang berlebih tersebut akan membuat wajah terlihat mengkilap. Tentu hal tersebut membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Apalagi bagi wanita yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, wajah berminyak akan menjadi musuh terbesarnya.

Penyebab Wajah Berminyak

Banyak faktor  yang dapat menyebabkan wajah berminyak. Sebelum kita membahas cara untuk mengatasinya, kita harus mengetahui faktor mana yang menjadi penyebab wajah kita kelebihan minyak. Hal tersebut bertujuan agar langkah penanganan yang kita pilih lebih tepat sasaran. Berikut ini beberapa penyebab wajah mengandung minyak berlebih.

Faktor Keturunan

Faktor genetik memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap masalah produksi minyak berlebih. Memang untuk kasus yang disebabkan faktor keturunan agak sedikit sulit dalam mengatasinya. Namun tetap ada cara yang bisa dilakukan agar kelebihan minyak pada wajah dapat dihilangkan.

Pola Makan

Pola makan yang tidak teratur dan tidak memperhatikan menu makanan dapat menjadi pemicu produksi minyak berlebih. Terutama untuk makanan yang berminyak dan bersantan. Jenis kacang-kacangan juga dapat merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Baca Juga :  Cara membuat masker Korea untuk perawatan wajah

Pola Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan hidup yang kurang baik atau tidak sehat juga dapat menyebabkan minyak pada wajah menjadi berlebih. Kebiasaan tersebut berupa pola tidur yang tidak teratur, merokok dan minum minuman beralkohol. Selain masalah tersebut, kebiasaan yang buruk juga dapat merusak  kesehatan.

Salah Memilih Kosmetik

Wanita suka sekali mencoba memakai kosmetik terbaru, dan terkadang bolak-balik ganti jika tidak sesuai selera. Bahkan seringkali wanita tergiur dengan iklan sehingga salah memilih kosmetik yang cocok dengan kulitnya. Hal ini bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit, dan dapat merangsang kulit mengeluarkan lebih banyak minyak.

Mengalami Stres

Seseorang yang mengalami stres atau tekanan akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Saat kita merasa depresi, kortisol dalam tubuh akan meningkat yang menyebabkan hormone tidak stabil. Akibatnya sel sebasea akan terangsang untuk memproduksi minyak berlebih.

Pergantian Musim

Faktor musim juga dapat menyebabkan kita mengalami kelebihan minyak pada wajah. Wajah akan lebih cepat berminyak jika kita berada di daerah yang memiliki musim panas. Wajah lebih mudah kusam karena keringat dan minyak keluar dua kali lebih banyak dibandingkan musim hujan yang memiliki suhu lebih sejuk.

Cara menghilangkan Minyak di Wajah

Nah, setelah mengetahui penyebab dari wajah yang berminyak, sekarang akan dijelaskan cara untuk menghilangkannya. Cara yang akan dipaparkan berikut ini merupakan cara yang alami dan tradisional. Sangat mudah dilakukan bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama.

1). Masker Bengkuang

Masker dari bengkuang dapat menghilangkan minyak pada wajah, bahkan dapat membantu mengecilkan pori-pori. Haluskan bengkuang secukupnya dengan blender, lalu ratakan pada wajah sambil dipijat halus. Biarkan selama 15 menit lalu bilas wajah dengan air dingin.

Lihat Juga :

[ Baca juga : Manfaat bengkuang untuk kecantkikan ]

Baca Juga :  Cara mudah memutihkan ketiak dengan mentimun

2). Masker Lemon

Buah lemon yang kaya vitamin C sangat ampuh dalam membersihkan kotoran, termasuk minyak berlebih pada wajah. Khasiat buah lemon sudah terbukti dan banyak yang telah mencoba menggunakannya untuk merawat wajah. Caranya, ambil air perasan lemon lalu oleskan ke wajah sampai rata. Untuk menambah efek menghaluskan, air lemon dapat ditambah dengan madu. Biarkan masker menutupi wajah selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

3). Masker Putih Telur

Putih telur juga dapat menghilangkan minyak pada kulit wajah jika dipakai secara rutin. Selain itu, putih telur juga dapat mengencangkan kulit sehingga dapat mencegah munculnya kerutan. Caranya juga sangat mudah. Pisahkan telur dari kuningnya, lalu oleskan putih telur pada wajah sampai tertutup semua kecuali mata. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan hal tersebut setiap malam menjelang tidur.

4). Masker Pisang

Pisang kaya vitamin dan mineral, sehingga sangat bagus digunakan untuk perawatan kulit wajah. Pisang mengandung vitamin A,C dan E yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Gunakan masker pisang (pisang yang telah dihaluskan) pada wajah, ratakan, dan tunggu hingga 20 menit. Masker pisang ini juga berkhasiat dalam mencegah tanda-tanda penuaan.

5). Masker Alpukat

Buah alpukat dapat dijadikan pasta dan dijadikan masker wajah. Alpukat dapat menyerap minyak dengan cepat sehingga wajah akan tampak lebih cerah dalam waktu singkat.pakailah masker alpukat selama 10-15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

[ Baca juga : Manfaat buah alpukat ]

6). Masker Mentimun

Buah mentimun juga dapat memberikan kesegaran dan menghilangkan minyak pada wajah. Haluskan mentimun dengan blender lalu oleskan pada wajah sampai rata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga :  Manfaat facial untuk kesehatan kulit wajah

7). Air Daun Seledri

Siapa sangka ternyata daun seledri juga dapat berkhasiat untuk kecantikan. Air daun seledri dipercaya dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah. Caranya, ambil segenggam daun seledri lalu blender dengan air hingga halus. Peras atau saring hasil blender tersebut, lalu ambil airnya. Gunakan air tersebut untuk dijadikan masker. Diamkan selama 20 menit lalu bilas wajah sampai bersih.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan daun seledri ]

8). Air Hangat

Salah satu cara yang cukup praktis untuk menghilangkan minyak di wajah dalam waktu yang sangat singkat adalah dengan menggunakan air hangat. Bilas wajah dengan air hangat setelah beraktivitas atau saat wajah terasa lengket akibat minyak. Suhu yang hangat akan mengikat minyak sehingga wajah akan menjadi bersih seketika.

9). Air Garam

Larutan air garam juga manjur untuk dijadikan alternatif dalam mengatasi kulit wajah yang berminyak. Gunakan air yang telah dilarutkan garam untuk membasuh wajah yang berminyak, bilas hingga bersih. Wajah akan terasa lebih segar, bebas minyak dan lebih cerah.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Cara alami sangat praktis dan mudah sekali menemukan bahan-bahannya. Perlu diingat agar cara di atas dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi kamu tidak perlu takut lagi jika wajahmu terdapat banyak minyak. Cukup ketahui penyebabnya dan jauhi agar produksi minyak di wajah dapat ditekan. Kita juga harus menjaga kebersihan wajah agar tidak muncul masalah yang dapat merusak penampilan.

Demikianlah cara menghilangkan minyak di wajah, semoga dapat diaplikasikan sendiri di rumah. Pencegahan paling dasar untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan membersihkannya secara rutin sehingga wajah lebih cerah dan berseri. Semoga bermanfaat.

Kerudung Pashmina, Syria, Hoodie, khimar cantik & modis

Lihat Juga :

Loading...
Cara menghilangkan minyak di wajah secara praktis | Admin | 4.5
2 Shares
+12
Share
Tweet
Pin
Stumble