Cara merawat wajah dengan masker ketan hitam

Cara merawat wajah dengan masker ketan hitam – Sebagaimana kita ketahui beras ketan terdiri dari beberapa jenis, yaitu ketan putih, ketan merah, dan ketan hitam, nah.. kali ini admin akan mengulas manfaat dari ketan hitam berikut tips cara perawatannya. Bagi anda yang suka menkonsumsi bubur atau tape pastinya tahu dengan jenis beras ketan hitam ini, selain rasanya yang sangat nikmat beras ketan hitam juga punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh seperti mencegah diabetes, menjaga kesehatan hati, mencegah anemia, dan masih banyak lagi.

Ketan hitam ini ternyata memiliki kandungan yang lebih lengkap dari jenis ketan lainnya, di dalamnya terkandung zat besi, vitamin B6, Kalsium, zinc, protein, dan masih banyak lagi, semua kandungan tersebut memiliki peranan yang baik untuk nutrisi kulit. Menurut Dr. Zhimin Xu pada satu sendok makan ketan hitam terkandung zat antioksidan anthocyanin yang lebih tinggi dari kandungan pada buah blueberi, antioksidan ini sangat bermanfaat untuk kulit agar terlindungi dari dari serangan radikal bebas.

Cara merawat wajah dengan masker ketan hitam

Gambar ilustrasi

Pada artikel kali ini kita akan menggunakan sebuah resep masker beras ketan hitam sederhana untuk perawatan kulit wajah, manfaat dari perawaran dengan masker ini yaitu dapat membuat kulit menjadi halus dan lembut, melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit jadi lebih cerah, sekaligus untuk perawatan meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini, cukup banyak bukan manfaat dari masker beras ketan untuk kecantikan, selanjutnya yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Cara membuat masker ketan hitam

Bahan-bahan yang di butuhkan yaitu :

  1. 1 gelas beras ketan hitam
  2. 1 mangkuk air hangat

Cara permbuatan :

Lihat Juga :
  1. Pertama-tama kita akan membuat basic masker ketan hitamnya terlebih dahulu
  2. Rendah ketan hitam pada mangkuk berisi air hangat tadi selama 1 jam atau lebih.
  3. Tiriskan beras ketan dan simpan pada wadah namun air rendamannya jangan di buang karena dapat di gunakan untuk mencuci wajah atau tooner sebab banyak mengandung antioksidan.
  4. Selanjutnya sanggrai ketan hitam sampai kering, kemudian haluskan dengan menggunakan ulekan / cobek  atau food processor.
  5. Setelah tekstur beras ketan hitam menjadi halus kemudian sanggrai sekali lagi agar lebih awet dan sisanya bisa di gunakan kembali, selain di sanggrai bisa juga dengan cara di jemur.
Baca Juga :  Cara menghilangkan jerawat dengan minyak lavender

Sekarang basic masker ketan hitam sudah berhasil di buat. Sebenarnya dengan menggunakan basic masker ketan hitam saja sudah dapat di gunakan untuk perawatan, yaitu dengan cara menambahkan sedikit air lalu aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20-30 menit, setelah itu bersihkan sisa masker dengan cara membilasnya dengan air dingin.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan bahan campuran lainnya, namun cara ini terbilang repot.

  1. Siapkan bubuk teh, bisa di ambil dari 2 kantong teh celup
  2. jintan hitam, bisa di ambil dari 2 kapsul suplemen jintan hitam
  3. Jahe bubuk 2 sendok teh
  4. Kayu manis bubuk 2 sendok teh

Campurkanlah basic masker ketan hitam dengan keempat bahan di atas dan aduk hinggga semuanya tercampur rata.

Tambahkanlah air hangat-hangat kuku secukupnya dan aduk hingga rata, selanjutnya oleskan masker pada seluruh bagian wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar nutrisinya bisa di serap kulit secara maksimal.

Baca juga : Manfaat buah lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Cara merawat wajah dengan masker ketan hitam Lakukan perawatan ini minimal setiap dua minggu sekali dan lihat hasilnya setelah melakukan perawatan rutin, sekian tips kecantikan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah. 🙂

Kerudung Pashmina, Syria, Hoodie, khimar cantik & modis

Lihat Juga :

Loading...
Cara merawat wajah dengan masker ketan hitam | Admin | 4.5
6 Shares
+1
Share6
Tweet
Pin
Stumble