Hati-hati dengan kosmetik pemutih mengandung kloroin

Posted on

Kesehatan-kulit.info – Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah tayangan berita REPORTASE INVESTIGASI yang faktanya terlihat sangat mencengangkan, ada beberapa produk kosmetik yang menggunakan zat kimia bernama kloroin (CI) dimana zat ini sangat berbahaya bagi tubuh kita. Kloroin biasa di gunakan di berbagai industri karena memiliki banyak kegunaan, yaitu sebagai pemurni air, untuk campuran cat, pewarna kertas, sebagai produk minyak bumi, pewarna makanan dan masih banyak lagi.

Penggunaan kloroin secara tidak tepat dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh karesa sifatnya yang sangat beracun, dampaknya dapat di rasakan dalam jangka waktu pendek atau pun panjang. Menurut beberapa sumber apabila tubuh kita terkontaminasi dengan zat yang satu ini maka dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, mengganggu kesehatan jantung, darah, dan sistem pernapasan.

Hati-hati dengan kosmetik pemutih mengandung kloroin
Gambar ilustrasi

Dalam berita tersebut oknum (kita beri nama si A) adalah seorang ibu rumah tangga yang merupakan mantan seorang sales kosmetik, si A secara mudah memasarkan produk kosmetik racikannya sendiri kepada konsumen berkat pengalamannya selama bertahun-tahun, dan hebatnya lagi produk kosmetik yang merupakan lulur pemutih tersebut selalu laku dan habis ia jual karena harganya yang lebih murah dari produk lainnya.

Bukan hanya di jual ke perorangan saja, produk lulur pemutihnya juga telah di jual ke salon-salon kecantikan, wah.. kalau sudah begini bagaimana jadinya, kita akan sulit mengetahui apakah lulur yang di gunakan di salon termasuk lulur asli atau abal-abal. Jika anda takut ya sebaiknya carilah salon kecantikan yang sudah terpercaya dan berhati-hatilah dengan salon kecantikan yang menawarkan jasa lebih murah, karena siapa tahu produk yang di gunakannya adalah produk abal-abal.

Jika anda hendak membeli produk kosmetik maka belilah di tempat terpercaya dan perhatikan merek kosmetik tersebut apakah sudah terdaftar di BPOM atau tidak, anda bisa mengeceknya secara online melalui situs BPOM, caranya dapat di baca disini. Selain itu jangan tertarik juga dengan iming-iming produk kosmetik berharga murah, karena bisa saja kosmetik tersebut adalah produk palsu.

Intinya kita lebih baik mencegah dari pada harus mengobati, produk kosmetik palsu dapat tersebar di mana saja, bahkan Ibu saya pun pernah menjadi korban kosmetik abal-abal, untungnya bisa segera di obati dan sekarang sudah kembali normal. Nah.. sekian dulu informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran buat kita semua.

Lihat Juga :
Loading...