4 Kandungan kosmetik yang dapat merusak kesehatan kulit wajah

Posted on

Kandungan kosmetik yang dapat merusak kesehatan kulit wajah – Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit wajah yang halus, putih, dan cantik. Untuk memperoleh semua itu kadang berbagai macam produk kosmetik kecantikan mereka coba tanpa mengetahui kondungan apa yang terdapat pada kosmetik tersebut. Tahukah anda bahwa beberapa jenis produk kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan kulit wajah. Efeknya bisa bermacam-macam seperti iritasi, flek hitam, kulit memerah seperti terbakar, hingga yang paling parah yaitu kangker kulit. Tentu kita tidak ingin sesuatu yang kita lakukan untuk mempercantik kulit kita malah menjadi petaka dimana kecantikan kita menjadi sirna akibat penggunaan produk kosmetik yang salah.

Kandungan kosmetik yang dapat merusak kesehatan kulit wajah
Gambar ilustrasi

4 Kandungan kosmetik yang harus di hindari

1. Mercury

Mungkin anda pernah mendengar nama zat yang satu ini. Merkuri atau hg / air raksa merupakan zat yang sangat beracun dan bersifat karsinogerik. Meskipun komposis mercury di gunakan dalam dosis kecil akan tetap berbahaya untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh. Efek yang bisa di timbulkan oleh produk kosmetik yang mengandung zat merkuri seperti alergi, perubahan warna kulit, iritasi kulit, flek hitam / binting hitam di wajah, kerusakan permanen pada organ tubuh seperti syaraf, otak, dan ginjal, gangguan pada janin, dan jika digunakan pada dosis yang tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, dan diare.

Loading...

2. Hidrokinon

Hidrokinon biasanya terdapat pada produk kosmetik yang menawarkan perubahan warna kulit menjadi putih dan cerah dalam waktu instan. Hidrokinon memang mengandung antioksidan yang berperan penting untuk proses pembentukan melanin sehingga dapat mengurangi warna gelap di kulit. Namun dibalik manfaatnya ini Hidrokinon bukanlah zat yang baik untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh. Hidrokinon termasuk obat keras yang sangat berbahaya dan biasa digunakan dalam industri tekstil seperti pembuatan cat, bahan bakar minyak, dan juga permis. Efek berbahaya yang akan di timbulkan hidrokinon di antaranya adalah iritasi kulit, kulit terbakar, penyakit kulit vitiligo, hingga okronosis.

3. Rhodamin B

Rhodamin B biasanya digunakan sebagai pewarna kosmetik agar terlihat lebih menarik dan menyakinkan. Rhodamin B merupakan zat berbahaya yang bersiafat polar, dan juga sering digunakan dalam industri tekstil dan kertas sebagai pewarna sintetis. Produk kosmetik yang mengandung rhodamin B jelas sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah dan tubuh. Jika zat ini sampai mengenai kulit, terhirup, atau tertelan maka efek yang bisa di timbulkan yaitu iritasi pada saluran pernapasan, iritasi kulit, iritasi saluran pencernaan, kangker hati, dan masih banyak lagi efek berbahaya dari zat rhodamin B ini.

[ Baca juga : Cara mengetahui kosmetik legal berijin BPOM ]

4. Asam retinoat / Tretinion

Asam retinoat biasanya digunakan pada produk kosmetik penghilang jarawat, pemutih kulit, dan mengatasi kulit akibat paparan sinar matahari, karena dapat menghambat pigmen melanin pada kulit. Produk kosmetik yang mengandung bahan Asam retinoat jelas berbahaya bagi kesehatan tubuh dan kulit, sebab dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mengganggu perkembangan janin, dan masih banyak lagi.

Itulah tadi informasi tentang bahan-bahan berbahaya yang sering digunakan dalam beberapa produk kosmetik sehingga dapat merusak kesehatan kulit wajah dan tubuh kita. Perawatan kulit secara alami adalah pilihan terbaik agar terbebas dari efek samping berbahaya, karena selain murah juga aman bagi kesehatan.

Lihat Juga :
Loading...