30 Manfaat buah markisa untuk kesehatan & perawatan wajah

Posted on

Manfaat markisa – Hampir semua orang mengenal buah markisa. Rasanya yang asam namun menyegarkan ini sangat nikmat disajikan sebagai minuman di kala panas. Buah markisa juga dapat dimakan langsung, meski terasa asam orang-orang tetap menikmatinya. Bentuknya yang bulat oval dengan biji yang banyak dan kecil-kecil membuat buah markisa terlihat unik. Dibalik bentuknya tersebut, markisa menyimpan segudang manfaat yang luar biasa.

Buah dengan genus Passiflora ini awalnya berasal dari Amerika Selatan, lalu menyebar ke berbagai Negara hingga ke Indonesia. Ada sekitar 500 jenis markisa di seluruh dunia, namun yang populer hanya empat, yaitu markisa ungu, markisa kuning, markisa konyal dan markisa erbis. Di Indonesia sendiri hanya ada dua jenis markisa yang dibudidayakan yaitu markisa ungu di dataran tinggi dan markisa kuning di dataran rendah.

manfaat buah markisa untuk perawatan wajah
Gambar ilustrasi

 

Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Buah markisa kaya vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Buah markisa mengandung vitamin A, B6, B12, C dam D. beberapa mineral seperti zat besi, magnesium, sodium, potassium, kalsium dan sedikit asam folat juga terdapat dalam buah markisa. Di dalamya juga terkandung karbohidrat dan protein yang cukup besar.

Buah markisa memiliki senyawa fitokimia yang cukup lengkap, di antaranya polifenol dan karotenoid yang berfungsi melawan sel kanker. Selain itu terdapat pula senyawa harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin terutama pada markisa yang berwarna kuning. Kandungan gizi seperti serat posfor, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat juga dimiliki oleh buah markisa.

Manfaat Buah Markisa

Buah markisa sering kali dijadikan bahan untuk membuat sirup, kue serta minuman dan makanan lainnya. Selain itu, dengan kandungan nutrisi yang luar biasa banyak, buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat buah markisa yang wajib diketahui oleh semua orang.

1. Sebagai Sumber Serat

Buah markisa mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan dan buang air besar. Buah markisa juga bisa dijadikan sebagai pencahar ringan karena bijinya yang kaya akan serat.

2. Sebagai Sumber Antioksidan

Markisa mengandung fitokimia betakaroten atau karotenoid yang berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan dan mencegah berkembangnya sel kanker. Antioksidan tersebut dapat larut dalam air, dan dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

3. Menjaga Imunitas Tubuh

Sistem imunitas dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit, termasuk infeksi bakteri dan jamur. Dengan imunitas tubuh yang kuat kekebalan tubuh akan meningkat dan kesehatan dapat terjaga setiap hari. Hal tersebut dikarenakan markisa mengandung vitamin C yang dapat menstabilkan kondisi tubuh.

4. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Tidak mengontrol makanan yang dimakan dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Apalagi jika terlalu banyak makan daging tanpa diimbangi dengan banyak gerak. Jika tidak segera diatasi penyakit tersebut dapat memicu penyakit stroke. Dengan memakan buah markisa secara rutin atau setiap hari, tekanan darah tinggi dapat distabilkan ke posisi normal.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Makanan berlemak dan seafood dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. Terkadang kita tidak sadar dan memakan makanan tersebut secara berlebihan sehingga terkena penyakit kolesterol. Untuk mengantisipasinya sediakan markisa di rumah untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Telah diketahui bahwa markisa mengandung kalium, mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun tetap memberikan manfaat. Salah satunya adalah menjaga jantung agar tetap dalam keadaan sehat dan berfungsi dengan baik.

7. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Buah markisa mengandung vitamin A dan beta-karoten yang dapat berfungsi meningkatkan kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin maka penglihatan dan akan menjadi tajam dan terhindar dari rabun.

8. Mengatasi Asam Urat

Selain mengatasi kolesterol dan darah tinggi, buah markisa juga dapat mengatasi asam urat. Jika kadar asam urat sedang tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi buah markisa.

9. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dari buah markisa cukup tinggi, terbukti dari buahnya yang basah. Selain itu mineral yang terdapat pada buah markisa dapat mencukupi kebutuhan harian kita dan dapat mencegah dari dehidrasi.

10. Mencegah Peradangan

Saat terjadi peradangan kita akan merasa tidak nyaman, terutama jika mengalami radang tenggorokan. Dengan memanfaatkan buah markisa yang kaya vitamin C dan antioksidan kita dapat mencegah atau mengatasi peradangan.

11. Meredakan Rasa Nyeri pada Persendian

Nyeri pada daerah persendian sangat mengganggu dan dapat menghambat aktivitas. Biasanya orang tua paruh baya dan lansia seringkali mengalami penyakit tersebut. Kita bisa meringankan rasa nyeri pada persendian dengan mengkonsumsi buah markisa.

12. Bagus untuk Orang yang Menjalani Diet

Masalah berat badan kerap mengganggu, selain karena dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit kelebihan berat badan juga dapat merusak penampilan. Karena itu, bagi yang sedang menjalani program diet, buah markisa bisa dijadikan salah satu menu harian untuk membantu mengurangi berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan pencernaan sehingga tidak aka nada lemak yang menumpuk di perut. Selain itu kandungan gizinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan dapat menunda rasa lapar.

13. Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asma membuat seseorang merasa sesak dan tidak nyaman. Meski tidak begitu berbahaya penyakit tersebut tetap perlu diwaspadai dan diobati. Untuk membantu proses penyembuhannya, kita bisa memanfaatkan buah markisa. Kandungan vitamin C nya dapat menekan histamine yang dapat menyebabkan gejala asma.

14. Mengatasi Insomnia

Gejala insomnia berupa kesulitan memasuki fase tidur yang nyenyak dapat membuat frustasi dan menyebabkan tubuh selalu merasa lemas karena kurang istirahat. Cobalah mengkonsumsi buah markisa secara rutin agar masalah insomnia bisa teratasi.

15. Memberikan Efek Relaksasi

Saat sedang stres dengan pekerjaan yang menumpuk, kita memerlukan sedikit ketenangan agar bisa melanjutkan aktivitas. Manfaatkan buah markisa dengan mengubahnya menjadi sirup markisa dingin. Jus markisa dapat mengendurkan ketegangan saraf sehingga pikiran menjadi lebih tenang.
16. Membantu Menguatkan Tulang dan Gigi

Meski hanya dalam jumlah yang kecil, markisa mengandung kalsium, dimana kalsium sangat dibutuhkan sebagai mineral yang menguatkan tulang dan gigi. Tetapi tentunya kita tidak hanya mengandalkan buah markisa saja. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tulang dan gigi kita juga harus mengkonsumsi makanan lain yang kaya akan kalsium.

17. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Sel darah merah mengandung zat besi dan dengan adanya zat besi proses pembentukannya dapat berjalan lancar. Kita dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengkonsumsi buah markisa. Dalam satu cangkir buah markisa mengandung hingga 4 mg zat besi.

18. Mencegah Cacat Bayi

Saat hamil kebutuhan asam folat bagi sang ibu cukup besar, karena nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bayi yang dikandungnya. Asam folat dapat membantu proses pembentukan otak dan sumsum tulang belakang, sehingga jika kekurangan asam folat kemungkinan besar bayi yang lahir akan menderita cacat. Kebutuhan akan asam folat dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi markisa secara rutin.

19. Melebarkan Pembuluh Darah yang Menyempit

Pembuluh darah dapat mengalami penyempitan. Jika itu terjadi maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sirkulasi darah tidak lancar bahkan bisa menimbulkan stroke. Hal tersebut dapat dicegah dengan menjaga pembuluh darah tetap normal. Buah markisa dapat membantu karena kandungan kaliumnya membuat peredaran darah menjadi lancar dan pembuluh darah menjadi lebar.

20. Mengatasi Batuk

Saat menderita batuk, kita bisa mengkonsumsi buah markisa untuk membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan. Pastikan buah markisa tidak dalam keadaan dingin, yang justru dapat memicu batuk semakin parah.

Ternyata banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari buah berbiji banyak yang satu ini. Tak hanya untuk kesehatan, buah markisa juga memberikan banyak manfaat untuk kecantikan seperti berikut ini.

21. Melembabkan Kulit

Kulit yang kering menunjukkan kulit tersebut tidak sehat dan kekurangan nutrisi. Dengan kandungan gizi yang tinggi buah markisa dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Selain itu kandungan air pada buah markisa dapat membantu melembabkan kulit sehingga dapat mencegah kulit kering dan bersisik. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kita bisa memakannya langsung atau menjadikannya bahan untuk membuat masker.

[ Baca juga : Masker alami untuk melembabkan kulit ]

22. Mencegah Penuaan Dini

Banyak faktor yang dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti pola makan yang tidak seimbang dan pola hidup yang tidak sehat. Jika hal tersebut terjadi maka penampilan khususnya daerah wajah akan menjadi kurang menarik, karena akan menampakkan kesan umur yang sudah tua. Karena itu konsumsi buah markisa secara rutin agar senyawa antioksidannya mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

[ Baca juga : Cara mengatasi penuaan dini dengan masker labu ]

23. Mempertahankan Elastisitas Kulit

Kulit yang sehat kaya akan kolagen yang membuat kulit menjadi elastis. Sayangnya produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia sehingga kulit bisa menjadi kendur. Masalah tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah markisa dengan rutin.

24. Membantu Menyembuhkan Iritasi

Iritasi dan pembengkakan dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri. Kondisi tersebut tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan. Buah markisa yang bersifat anti-inflamasi dapat membantu meredakan dan menyembuhkan iritasi dengan cepat.

25. Membantu Meremajakan Kulit

Senyawa karotenoid pada buah markisa dapat membantu meremajakan kulit, sehingga kulit selalu terlihat segar. Jika kulit segar dan sehat maka akan terlihat awet muda. Jadi masukkan markisa sebagai salah satu asupan buah harian.

26. Mencegah Kerutan Kulit Wajah

Makanan yang banyak mengandung bahan kimia dan seringnya terpapar polusi bisa membuat kulit rusak. Serangan radikal bebas akan membuat kulit lebih cepat kendur hingga mulailah muncul kerutan dan garis halus pada wajah. Tentu kita tidak mau hal tersebut terjadi terutama di saat usia masih muda. Karena itu dengan bantuan vitamin C dan antioksidan dari buah markisa kita bisa mencegah kerutan muncul.

[ Baca juga : Mengatasi kerutan di wajah dengan masker buah naga ]

27. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Buah markisa mengandung vitamin B yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Kulit yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan lebih terasa halus dan lembut. Karena itu jangan ragu memakan buah markisa jika ingin kulit cantik dan sehat.

28. Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Pasti menyebalkan jika muncul jerawat di wajah. Selain merusak penampilan jerawat juga bisa terasa sakit saat meradang. Jika sembuh pun seringkali meninggalkan bekas atau lubang di wajah. Anti inflamasi pada markisa dapat mengempeskan jerawat dengan cepat, sedangkan vitamin C nya akan memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

29. Mencerahkan Kulit

Vitamin C pada buah markisa dapat menjadi antioksidan sehingga radikal bebas di kulit wajah bisa dikurangi dan dapat mencerahkan kulit wajah.

30. Mencegah Rambut Rontok

Rambut membutuhkan berbagai mineral dan vitamin untuk tetap sehat, terutama vitamin A, B kompleks dan C. Semua nutrisi tersebut bisa diperoleh dari buah markisa yang dikonsumsi secara rutin.

Demikian 30 manfaat buah markisa yang bisa disajikan dalam artikel kali ini. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi semua orang. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin agar manfaat yang diperoleh juga maksimal.

Lihat Juga :
Loading...