Manfaat kapur sirih untuk kesehatan & kecantikan

Posted on

Manfaat kapur sirih – Sebagian besar orang pasti telah mengenal yang namanya kapur sirih. Biasanya kapur sirih digunakan bersamaan dengan daun sirih dan pinang untuk dikunyah. Banyak juga yang memanfaatkan kapur sirih untuk membuat makanan menjadi renyah, terutama untuk manisan dan gorengan. Kapur sirih telah digunakan sejak zaman dulu hingga sekarang, bahkan sering digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Di tengah era modernisasi seperti sekarang ini, kapur sirih tetap menjadi idola dan masih banyak orang yang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk makanan, bahkan untuk kesehatan dan kecantikan juga banyak manfaatnya. Masyarakat Indonesia juga sudah akrab dengan kapur sirih dan mudah kita dapatkan di pasar-pasar tradisional.

manfaat kapur sirih
Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa Kapur Sirih

Kapur sirih dengan rumus kimia Ca(OH)2 terbuat dari endapan batu kapur atau batu gamping yang melalui beberapa proses yang terbilang cukup mudah. Batu kapur dikumpulkan dalam sebuah wadah lalu direndam dengan air hingga satu minggu. Batu tersebut akan menjadi lumpur, itulah yang disebut kapur sirih. Karena proses membuatnya sangat mudah itulah kapur sirih sangat mudah dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau.

Kapur sirih mengandung beberapa senyawa yang semuanya bersifat panas. Senyawa tersebut adalah kadinen, karvakol, sineol, kavinol, dan zat samak. Senyawa tersebut lah yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Namun perlu diperhatikan, sifat panas dari kapur sirih ini membuatnya tidak boleh digunakan sembarangan. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif karena dapat merasakan sensasi terbakar pada kulit.

Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan

Banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan kapur sirih. Meski belum teruji secara klinis namun khasiatnya sudah terbukti karena sudah sering digunakan oleh orang tua sejak zaman dahulu. Berikut ini beberapa manfaat kapur sirih untuk kesehatan yang patut untuk diketahui.

1. Mengobati Luka Bakar

Sering kali tanpa sengaja saat kita menggunakan api bagian tubuh kita ada yang terkena bakar, keseringan pada tangan atau kaki. Selain rasa panas dan perih, luka bakar juga meninggalkan bekas yang membuat kulit menjadi belang. Untuk mengobati dan memudarkan bekasnya kita bisa menggunakan ramuan kapur sirih.

Cara membuatnya, siapkan satu sendok makan kapur sirih, tambahkan bubuk kunyit dan air kelapa secukupnya. Aduk hingga rata dan membentuk pasta. Oleskan pada kulit yang terkena bakar. Lakukan setiap hari sampai luka tersebut sembuh dan bekasnya memudar.

2. Menghilangkan Bau Ketiak

Siapapun pasti tidak akan percaya diri jika badannya mengeluarkan bau yang tidak sedap, terutama di daerah ketiak. Orang-orang di sekitar akan menjauh karena merasa tidak nyaman berada di dekat kita. Kita sendiri juga akan menjadi risih untuk berdekatan dengan orang lain karena takut ketahuan sebagai sumber bau tersebut. Karena itu, ada baiknya untuk segera mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan kapur sirih.

Cara membuatnya, sediakan kapur sirih ssecukupnya dan juga satu buah jeruk nipis. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Gosokkan pada permukaan ketiak sampai rata lalu diamkan selama 5 menit. Lakukan setidaknya 2-3 kali seminggu agar hasilnya dapat segera dirasakan.

3. Menghilangkan Kutil dan Tahi Lalat

Kutil dan tahi lalat sebenarnya tidak berbahaya, namun dapat membuat seseorang merasa risih terutama jika terdapat di bagian wajah. Tentu kecantikan akan berkurang dan kepercayaan diri pun menurun. Kutil dapat mudah menyebar ke anggota tubuh yang lain, sedangkan tahi lalat bisa menjadi besar. Jadi kedua masalah kulit tersebut harus segera dihilangkan. Kalaupun tidak benar-benar hilang, dengan ramuan kapur sirih kutil dan tahi lalat dapat dikempeskan atau mengecil.

Cara membuatnya, ambil satu sendok makan kapur sirih lalu campurkan dengan detergen. Aduk hingga tercampur dan membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang mengalami masalah dan tunggu hingga 20 menit. Gunakan cotton bud agar kapur sirih tersebut tidak berserak mengenai kulit di sekitarnya. Jangan lupa bersihkan wajah dengan air hangat.

4. Mengobati Sakit Perut

Siapa saja dapat mengalami sakit perut terutama anak-anak. Sakit perut tidak boleh disepelekan karena dapat mengganggu aktivitas. Jika terjadi pada anak, tentu mereka akan menjadi lebih rewel. Solusinya bisa dengan mencoba mengobatinya menggunakan kapur sirih.

Cara membuatnya, ambil kapur sirih secukupnya, letakkan di atas daun sirsak. Beri sedikit air lalu remas-remas hingga daun menjadi hancur dan menyatu dengan kapur sirih tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada perut yang sakit. Lakukan hingga sakit perut menjadi sembuh.

5. Mengatasi Penyakit Encok

Biasanya yang mengalami penyakit encok adalah orang tua. Rasa nyeri di bagian punggung hingga kaki membuat perasaan menjadi tidak nyaman sehingga dapat mengganggu beraktivitas. Penyakit encok juga bisa membuat penderitanya merasakan sakit saat berjalan, oleh karena itu penyakit tersebut harus segera diatasi. Kita bisa memanfaatkan ramuan kapur sirih untuk mengobatinya.

Cara menggunakannya, ambil daun singkong secukupnya lalu tambahkan dengan dua sendok makan kapur sirih. Remas-remas hingga daun menjadi hancur dan menyatu dengan kapur sirih. Balurkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan cara ini tiga kali sehari sampai rasa nyeri berkurang atau hilang.

Loading...

6. Menghilangkan Kerutan Selepas Melahirkan

Seorang ibu yang sedang dalam masa kehamilan perutnya akan membesar dari waktu ke waktu. Setelah melahirkan perutnya akan kembali mengecil namun keseringan meninggalkan bekas kerutan akibat kulit yang pernah melar sebelumnya. Kerutan yang disebut stretchmark tersebut tidak sakit namun sangat mengganggu karena merusak penampilan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan kapur sirih.

Caranya, ambil satu sendok kapur sirih dan campurkan dengan satu sendok minyak kayu putih. Aduk hingga rata, tambahkan dengan air perasan dari satu buah jeruk nipis. Setelah tercampur dengan sempurna oleskan pada perut terutama pada bagian yang ada kerutannya. Dalam beberapa hari kerutan tersebut akan memudar bahkan hilang.

Manfaat Kapur Sirih untuk Kecantikan

Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, kapur sirih juga memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Berikut ini manfaat kapur sirih untuk kecantikan yang harus kamu ketahui.

1. Mencerahkan Ketiak dan Mengurangi Bulu Ketiak

Ketiak tidak hanya memiliki masalah dengan baunya saja, namun juga sering menjadi kehitaman akibat terlalu sering mencukurnya. Tentu kita tidak akan percaya diri bila menggunakan pakaian dengan ketiak terbuka, atau malu untuk berenang di pantai. Untuk mencerahkannya kembali kita bisa mengandalkan kapur sirih.

Caranya, sediakan satu sendok kapur sirih lalu campurkan dengan air perasan lemon. Bila tidak ada lemon bisa diganti dengan jeruk nipis. Aduk hingga rata lalu oleskan pada ketiak sehabis mandi, diamkan hingga 20 menit. Lakukan cara ini tiga kali seminggu agar hasilnya bisa cepat terlihat. Cara ini juga ampuh dalam mengurangi bulu ketiak tanpa perlu mencukurnya.

[ Baca juga : Cara memutihkan ketiak tanpa iritasi ]

2. Mencerahkan Area Paha dan Selangkangan

Banyak yang sibuk memikirkan agar kulitnya menjadi putih hingga menggunakan berbagai produk pemutih yang mahal. Namun mereka sering kali mengabaikan bagian paha dan selangkangan yang sering kali menghitam, terutama untuk orang yang gemuk. Tentu kulit akan menjadi belang karena warna tidak sama rata. Untuk memutihkan bagian yang tertutup terebut kita bisa menggunakan kapur sirih.

Cara membuat ramuannya, ambil kapur sirih yang basah. Campurkan dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada area yang berwarna gelap, lebih bagus jika dilakukan sehabis mandi. Lakukan secara rutin hingga warna kulit menjadi rata.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Masalah flek hitam dapat membuat seorang wanita menjadi panik dan ingin segera menghilangkannya. Karena flek hitam dapat merusak kecantikan dan membuat wajah terlihat lebih tua. Namun jangan khawatir, masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan kapur sirih.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Ambil kapur sirih secukupnya lalu tambahkan dengan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata lalu oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat flek hitamnya saja. Lakukan secara rutin hingga flek hitam memudar dan menghilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan flek hitam dengan lemon ]

4. Menghaluskan kulit

Kulit bisa menjadi kasar karena berbagai hal, salah satunya banyak melakukan aktivitas yang membuat kulit banyak terpapar debu dan polusi. Kulit yang kasar akan mengganggu penampilan, sehingga perlu diatasi agar kulit menjadi halus. Caranya dengan menggunakan kapur sirih.

Gunakan ramuan kapur sirih yaitu campuran antara kapur sirih dengan air jeruk nipis. Oleskan pada kulit dengan tipis dan merata, diamkan sebentar. Jangan lupa untuk segera mencucinya dengan sabun sampai bersih. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu agar kulit selalu halus dan cerah.

5. Meluruskan Rambut

Rambut lurus lebih terlihat menawan, karena terkesan lebih rapi dan jatuh menjuntai. Namun tidak semua orang bisa memilikinya karena rambut setiap orang berbeda-beda, ada yang ikal bahkan keriting. Nah, sekarang tidak perlu rebounding ke salon untuk mendapatkan rambut lurus, cukup dengan kapur sirih kamu bisa mendapatkannya.

Caranya, ambil kapur sirih dalam jumlah yang agak banyak, lalu larutkan dengan air dalam sebuah ember atau wadah besar. Buat larutan kapur sirih tersebut tidak encer namun juga tidak kental. Gunakan untuk keramas, diamkan selama menit, lalu bilas hingga bersih. Hati-hati menggunakannya jangan sampai terkena mata atau telinga. Lakukan cara tersebut 1 kali seminggu.

Mitos Bahayanya Kapur Sirih

Banyak yang mengatakan bahwa kapur sirih sebenarnya memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan. Bahkan jika terlalu sering memakan makanan yang direndam kapur sirih bisa memicu penyakit kanker. Lalu bagaimana dengan manfaat yang telah disebutkan di atas? Efek negatif dari kapur sirih dapat kita hindari jika menggunakannya bersamaan dengan bahan lain seperti jeruk nipis, lemon, madu, kunyit dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan kapur sirih dalam membuat makanan. Memang kapur sirih dapat membuat makanan menjadi renyah, namun kapur sirih bukan lah bahan tambahan makanan sehingga memang kurang baik jika dikonsumsi. Tapi mungkin tidak akan ada efek apapun jika hanya sesekali menggunakannya.

Kapur sirih memang memiliki segudang manfaat, namun harus diperhatikan dengan aturan pakainya. Tidak disarankan memakai kapur sirih untuk tujuan apapun dalam jangka panjang, bahkan untuk yang memiliki kulit normal sekalipun. Bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakannya, kalaupun ingin mencoba usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Demikian manfaat kapur sirih untuk kesehatan dan kecantikan, semoga dapat memberikan wawasan dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Ramuan tradisional memang lebih terjangkau, namun tanpa takaran yang pas khasiatnya bisa berbeda-beda. Jangan berlebihan menggunakan kapur sirih apalagi sampai menahun karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Lihat Juga :
Loading...