10 Manfaat masker kopi untuk perawatan kecantikan

Manfaat masker kopi – Pada umumnya kopi dinikmati orang dengan cara diminum. Meski rasanya pahit, banyak yang menyukainya. Kopi seringkali dijadikan senjata bagi orang yang ingin begadang, atau berencana lembur menyelesaikan pekerjaan. Apapun alasannya, meminum kopi dapat meningkatkan semangat dalam beraktivitas.

Kopi yang kita minum diolah dari bijinya. Banyak yang berpikir bahwa meminum kopi dapat memberi efek negatif pada tubuh. Padahal kenyataannya tidak demikian. Kopi justru memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan belakangan ini diketahui kopi juga banyak memberikan manfaat untuk kecantikan. Berbagai produk kecantikan dan salon-salon juga sudah mulai memanfaatkan kopi sebagai bahan untuk perawatan kulit.

manfaat masker kopi

Foto ilustrasi

Kandungan Senyawa Kopi

Kopi mengandung kafein sering disebut trimetilsantin yang merupakan senyawa alkaloid. Kopi juga kaya antioksidan, bahkan lebih tinggi dari buah dan sayur. Karena senyawa antioksidan yang cukup tinggi tersebut kopi dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, termasuk juga pada kulit. dari segi kesehatan sendiri, kopi dapat mencegah stroke dan serangan jantung, mendorong otak untuk berpikir positif, meningkatkan stamina serta dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Kopi juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang sangat baik bagi tubuh. Dengan semua kandungan penting tersebut, tidak ada alasan lagi untuk mengatakan kopi memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan kopi dapat mencegah berbagai masalah kulit seperti kering dan kusam.

Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Berikut ini 10 manfaat masker kopi untuk perawatan wajah yang wajib kamu ketahui:

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Wajah yang kusam tentu akan merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Dengan memakai masker kopi secara teratur dan rutin maka secara bertahap kulit wajah akan menjadi cerah. Hal tersebut disebabkan butiran bubuk kopi yang halus mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada kulit sehingga wajah kusam dapat diatasi.

Baca Juga :  Cara menghilangkan bekas jerawat dengan asam jawa

2. Meminimalisir Resiko Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit merupakan masalah kulit yang paling serius dan sangat ditakuti. Dengan segala aktivitas yang padat, sering terpapar polusi dan sinar matahari dalam waktu yang lama akan meningkatkan resiko munculnya kanker kulit. hal tersebut dapat dihindari dengan memakai masker kopi setidaknya dua kali seminggu. Senyawa antioksidan pada bubuk kopi akan menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah.

3. Mengatasi Minyak berlebih di Wajah

Minyak secara normal dihasilkan untuk melembabkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Namun bila minyak tersebut berlebih maka akan memberikan dampak yang tidak baik. salah satunya dapat memicu jerawat dan wajah kusam. Karena itu gunakan masker bubuk kopi secara rutin agar wajah tetap bersih bebas minyak.

[ Baca juga : Cara mengatasi minyak di wajah secara alami ]

4. Menjadikan Kulit Halus dan Lembut

Kulit bisa menjadi kasar jika tidak dirawat dan rutin dibersihkan. Hal tersebut tentu akan merusak penampilan. Pemakaian make up juga tidak akan sempurna bila permukaan kulit wajah menjadi kasar. Jadikan masker bubuk kopi sebagai scrub untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. karena butiran halusnya akan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah pun menjadi mulus.

5. Menghilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat

Bubuk kopi juga dapat menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, tentunya dengan pemakaian rutin. Campuran bubuk kopi dengan minyak baby oil akan memudarkan bintik hitam bahkan flek hitam secara perlahan. Sekarang tidak perlu khawatir lagi dengan masalah bintik hitam di wajah yang dapat merusak penampilan.

Lihat Juga :

6. Melembabkan Kulit

Kulit yang kering akan terlihat tidak sehat, bersisik juga kasar. Tentu hal tersebut sangat dihindari kaum wanita yang selalu ingin tampil cantik. Dengan memakai masker bubuk kopi yang dicampurkan cokelat dan madu maka kulit akan terasa lebih lembab dan kenyal.

Baca Juga :  Masker alami untuk memutihkan kulit

7. Menjaga Kulit Awet Muda

Kemampuan biji kopi menangkal senyawa radikal bebas dengan kandungan antioksidannya yang tinggi menjadikan kulit terlihat lebih awet muda. Seperti yang kita ketahui radikal bebas dapat merangsang kulit mengalami penuaan dini, dan hal tersebut dapat kita cegah dengan memakai masker kopi secara teratur.

8. Mengencangkan Kulit

Kulit yang tidak dirawat akan lebih cepat terlihat tua, karena akan lebih mudah terihat kerutan di sekitar area mata. Kerutan tersebut muncul karena elastisitas kulit berkurang dan akhirnya menjadi kendur. Memakai masker kopi secara rutin akan membantu mengencangkan kulit sehingga kulit selalu terlihat cantik bahkan tanpa riasan.

9. Mengecilkan Pori-pori Kulit

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan area tubuh yang lain. Dan jika salah dalam merawatnya maka dapat menyebabkan pori-pori kulit menjadi besar. Tentu hal tersebut akan merusak penampilan karena di wajah terlihat lubang-lubang yang banyak dan terlihat jelas. Gunakan masker kopi dua kali seminggu untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit di wajah.

[ Baca juga : Cara mengecilkan pori-pori dengan hasil cepat ]

10. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu, tidak hanya merusak penampilan wajah namun juga memberikan rasa nyeri saat meradang. Komedo juga dapat membuat wajah tidak enak dipandang, karena kulit wajah menjadi kasar dan terlihat bintik-bintik yang banyak. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan masker bubuk kopi secara rutin sampai masalah kulit tersebut benar-benar hilang.

Cara Membuat Masker Kopi

Untuk bisa memanfaatkan kopi sebagai masker wajah, kita perlu harus pergi ke salon kecantikan yang membutuhkan biaya mahal. Kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah, karena bahan yang dibutuhkan mudah didapat. Berikut ini bahan yang diperlukan beserta cara membuatnya yang cukup praktis.

Baca Juga :  Tips mengatasi kulit kering akibat ruang ber AC

Persiapan bahan:

  • 4 sendok makan bubuk kopi
  • 4 sendok makan bubuk cokelat tanpa pemanis
  • 2 sendok makan madu (untuk kulit kering)
  • 2 sendok makan air perasan lemon (untuk kulit berminyak)
  • 8 sendok makan susu atau yoghurt plain atau tanpa rasa

Catatan: jika susu atau yoghurt tidak ada bisa diganti dengan minyak zaitun, santan, susu almond, telur atau minyak kelapa asli (virgin coconut oil). Lemon juga dapat diganti dengan jeruk nipis.

Cara membuatnya, campurkan bubuk kopi, bubuk cokelat dan susu. Setelah rata masukkan madu dan aduk kembali hingga membentuk pasta. Sebelum dipakai, bersihkan wajah dan leher dengan sabun pembersih agar tidak ada kotoran yang menghalangi kulit menyerap nutrisi dari masker yang akan dipakai. Setelah bersih, oleskan masker kopi tersebut pada wajah dan leher sampai rata, tunggu selama 20-30 menit.

Cara membersihkannya, gunakan handuk yang telah direndam air hangat. Tempelkan pada wajah dan leher hingga masker mengelupas dan rontok sendiri. Jangan menggosokkan handuk terlalu kuat terutama untuk yang memiliki kulit sensitif. Cara ini bisa dilakukan 1-2 kali seminggu.

Demikian 10 manfaat masker kopi untuk perawatan wajah. Ternyata kopi sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan, terutama untuk mengatasi berbagai masalah di kulit. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker yang terbuat dari bubuk kopi agar kesehatan dan kecantikan kulit senantiasa terjaga.

Jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin, karena jika hanya sesekali dipakai tidak akan terasa khasiatnya. Menggunakan bahan alami memang tidak memberikan hasil yang cepat, namun lebih aman digunakan karena tidak akan memberikan efek samping apapun yang dapat merugikan kita. Semoga bermanfaat.

Kerudung Pashmina, Syria, Hoodie, khimar cantik & modis

Lihat Juga :

Loading...
10 Manfaat masker kopi untuk perawatan kecantikan | Admin | 4.5
0 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble