Tips mengelupas kulit secara alami untuk mencerahkan wajah

Posted on

Efek buruk sinar matahari pada kulit – Saat musim kemarau tiba maka siap-siap saja anda akan menghadapai terik sinar matahari yang cukup panas, apa lagi bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan pasti akan merasakan terik yang sangat luar biasa. Banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan terik sinar matahari karena memang sinar matahari dapat membuat kita menjadi gerah, dan juga membuat kulit kita menjadi hitam. Ya.. memang benar.. pada sinar matahari mengandung dua komponen yaitu sinar UVA, dan UVB, yang keduanya memiliki efek buruk pada kesehatan kulit kita.

Mungkin anda bisa membandingkan sendiri orang-orang di daerah anda, contohnya, Ibu-ibu atau bapak-bapak yang biasa bekerja di sawah pasti memiliki kulit yang lebih gelap dan juga memiliki banyak flek hitam di wajah, hal tersebut karena efek buruk yang di timbulkan sinar matahari pada kesehatan kulit kita. Sinar matahari yang baik dan aman untuk kulit bisa kita rasakan saat pagi sebelum jam 9.00, dan sore hari setelah jam 16.00.

Efek buruk sinar matahari pada kesehatan kulit wajah

Efek buruk sinar UV pada kulit

Kulit terbakar

Apabila kulit kita terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, terutama saat siang hari maka dapat menyebkan gejala kulit terbakar yang di tandai dengan kulit memerah, bengkak, melepuh, dan perih. Biasanya seseorang yang memiliki warna kulit yang lebih terang dan juga lapisan kulit yang lebih tipis akan lebih mudah terkena gejala kulit terbakar, untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan lotion pelembab yang mengandung bahan aloevera atau lidah buaya.

Loading...

Merubah warna kulit menjadi gelap

Bagi sebagian orang, terutama bule, mereka justru memanfaatkan efek sinar matahari untuk menggelapkan kulitnya. Saat kulit kita terpapar sinar matahari maka sel-sel kulit pada tubuh kita akan rusak sehingga mengakibatkan sel penghasil pigmen memproduksi lebih banyak melanin dan membuat warna kulit kita menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

[ Baca juga : 10 Makanan yang dapat melawan penuaan dini ]

Penuaan dini

Jika kulit seseorang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat mengakibatkan gejala-gejala penuaan dini, hal ini di sebabkan karena sinar UV dapat menembus jauh ke dalam kulit dan mengakibatkan sel kolagen menjadi rusak. Ketika sel kolagen telah rusak maka kulit kita pun akan berubah menjadi kering dan kasar, dan juga kehilangan kekenyalannya. Selain itu radikal bebas yang di timbukan oleh radiasi sinar UV akan menimbulkan bintik-bintik kecoklatan dan juga keriput  di wajah yang dapat mengganggu penampilan kita sehingga membuat tampak lebih tua.

Kangker kulit

Efek paling parah yang di timbulkan dari radiasi sinar matahari adalah gejala kangker kulit. Penyerapan sinar matahari secara terus menerus dapat memicu timbulnya sel kangker kulit. Biasanya kangker kulit terjadi pada area hidung, pipi, dan daerah lain yang sering terkena sinar matahari secara langsung.

Baca juga : Perawatan kulit yang baik di lakukan saat malam hari

Itulah tadi beberapa efek buruk sinar matahari / sinar ultraviolet untuk kesehatan kulit kita. Untuk cara mengatasinya anda bisa menggunakan lotion pelembab, krim tabir surya, atau menggunakan bahan-bahan alami. Demikian tips kesehatan kulit kali ini, semoga dapat bermanfaat buat anda semua.

Lihat Juga :
Loading...